OPTIMALISASI PROGRAM CSR PT VALE INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN UMKM
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana optimalisasi Program Corporate Social Responsibility PT. Vale Indonesia Dalam Pengembangan UMKM Di Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Program Corporate Social Responsibility PT. Vale Indonesia Dalam Pengembangan UMKM Kabupaten Luwu Timur berdasarkan teori efektivitas program menurut Campbell J.P (1974) belum optimal. hal ini karena dalam hal keberhasilan program masih banyak yang perlu di sempurankan dan masih kesulitan dalam hal pemasaran produk UMKM. Kemudian pada indikator keberhasilan sasaran tidak semua binaan UMKM PT. Vale Indonesia merasakan dampak dari program karena masih terdapat pelaku UMKM yang tidak serius dalam mengikuti program. belum adanya kepuasan terhadap program karena tidak ada bantuan dalam hal permodalan, hanya pelaku UMKM yang aktif terlibat yang merasa puas akan program. Input dan Output masih bermasalah karena galeri kareso yang dihadirkan untuk pemasaran sepi pengunjung dan letaknya kurang strategis dan belum tercapai sesuai dengan tujuan yang telah diharapkan sebelumnya. Adapun untuk optimalisasi program CSR yakni harus ada sistem yang selektif memilih UMKM yang akan dibina, penguatan karakter wirausaha, perlu adanya SOP khusus, fasilitas dan layanan pemasaran yang efektif dan bantuan modal