VISI PRODI ILMU PMERINTAHAN

Menjadi PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN UNGGUL DALM KAJIAN ECO GOVERNANCE  yang  berorientasi ETNO INTERPRENEURSHIP berbasis  teknologi digital   berdasarkan nilai-Nilai Islami pada tahun 2025

TERJEMAHAN VISI

  1. ECO GOVERNANCE : Tata kelola Lingkungan yang berorientasi pada kajian ekologi politik dan kebijakan lingkungan yang menganjurkan pembangunan berkelanjutan
  2. ETNO INTERPRENEURSHIP : Lulusan yang unggul dan memiliki jiwa kewirausahaan
  3. TEKNOLOGI DIGITAL : Kemampuan organisasi dalam mewujudkan catur dharma melalui  teknologi digital
  4. ISLAMI           : Memiliki integritas, menjungjung tinggi nilai-nilai keislaman berupa kedisplinan, ihlas dan berkemajuan dalam setiap perilaku dan peduli terhadap kemaslahatan ummat

MISI PRODI ILMU PEMERINTAHAN

  1. Menyelenggarakan Kegiatan Pendidikan Yang Mendorong Pengembangan Teknologi Digital dalam Kajian Eco Governance dan Etno Enterpreniurship.
  2. Menyelenggarakan Kegiatan Penelitian Yang Berbasis Teknologi Dalam Rangka Pengembangan Eco Governance Dan Etno Enterpreniurship.
  3. Menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Berbasis Teknologi Dalam Rangka Pengembangan Eco Governance dan Etno Enterpreniurship.
  4. Menyelenggarakan Kegiatan Al-Islam Kemuhammadiyahan Yang Berbasis Teknologi Dalam Rangka Menciptakan Iklim kampus yang islami.
  5. menyelenggarakan kerjasama untuk membangun jaringan kelembangan yang berwawasan keilmuan dan keahlian yang berbasis teknologi digital baik regional, nasional dan internasional.
  6. Mewujudkan ke ungulan lulusan Ilmu Pemerintahan sesuai cita-cita Muhammadiyah dan berjiwa enterpreneureship baik nasional maupun internasional.

TUJUAN PRODI ILMU PEMERINTAHAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki akhlaq terpuji, menguasai ilmu pengetahuan dan  teknologi sesuai dengan bidang kajian yang ditekuninya sebagai sumbangsi bagi pengembangan dunia kerja dan masyarakat baik pada tingkat regional, nasional maupun internasional
  2. Menghasilkan karya riset yang berkualitas dan bermanfaat secara akademis maupun praktis bagi masyarakat, bangsa dan Negara
  3. Terbentuknya kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas lembaga dan akseptabilitas lulusan.
  4. Mewujudkan berkembangnya potensi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, cerdas, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya
  5. Terwujudnya kemampuan penciptaan, pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan di bidang pemerintahan, teknologi dan enterpreneurship yang memberi kemaslahatan bagi masyarakat, bangsa, Negara dan agama.

KOMPETENSI PRODI ILMU PEMERINTAHAN

  1. Bidang Pemerintahan: Memiliki wawasan untuk bekerja dalam stuktural pemerintahan baik sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun kontrak mulai level lokal (misalnya aparatur/perangkat Desa), hingga Nasional (Misalnya Menteri, staf ahli Kementarian atau staf ahli di lembaga DPRD)
  2. Bidang Politik: Lulusan Ilmu Pemerintahan dibekali wawasan untuk bekerja dalam bidang politik seperti Pengurus Partai Politik dan Penyelengara Pemilihan Umum pada level Desa hingga Nasional dan yang paling utama bahwa lulusan Ilmu Pemerintahan bahkan di amanahkan memiliki jabatan politik, seperti Kepala Desa, Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur, Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat baik DPR maupun DPRD.
  3. Bidang Pendidikan & Penelitian: Lulusan Ilmu Pemerintahan bahkan memiliki orientasi kerja yang sangat mulia yaitu Tenaga Pendidik seperti Dosen tidak hanya sebagai Dosen pada Prodi Ilmu Pemerintahan tetapi Dosen umum pada Bidang Ilmu Sosial dan ilmu Politik serta humaniora baik di Perguruan Tinggi Swasta maupun Negeri. Dengan pengusaan ilmu berupa gejaja, peristiwa, relasi pemerintahan, kekuasaan, partai politik, organisasi, pelayanan birokarasi, hukum maupun manajemen pemerintahan dan politik sehingga sarjana Ilmu Pemerintahan juga serbuka peluangnya untuk berprofesi sebagai peneliti pada rumpun ilmu Politik serta humaniora.
  4. Bidang Lembaga Swadaya Masyarakat/ Non Government organization (LSM/NGO): Menjadi mahasiswa ilmu pemerintahan. Terutama di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Sinjai harus berani dan belajar hidup mandiri, baik untuk diri sendiri maupun kepedulian terhadap sesama ummat, hal ini karena lulusannya salah satu memiliki orientasi mendirikan atau mengelola organisasi non pemerintah, baik yang bergerak pada bidang pendidikan, sosial, politik dan pemerintahan, bantuan hukum, jurnalisme, kesehatan, ekonomi dan lainnya untuk kepentingan masyarakat umum.
  5. Bidang Wirausaha (Entreprneur): Mahasiswa dibekali dengan ilmu dan wawasan wirausaha, pengembangan ekonomi, sosial dan budaya, inovasi dan kreativitas, sehingga lulusan tidak hanya sebagai konsumen namun mampu menjadi produsen, tidak hanya menjadi karyawan namun mampu membuka lapangan kerja, menjadi pebisnis-pengusaha bahkan memilki pengusaan dalam bidang general affair. 
  6. Bidang Jurnalisme: Pramoedya Anata Toer berpendapat bahwa Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah menurutnya Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Kalimat ini sangat relevan dengan salah satu peluang kerja lulusan ilmu pemerintahan, bahwa menulis tidak hanya dilakukan selama masih berstatus mahasiswa tetapi, menulis dan mengembangkan semangat literasi, menebar kebaikan dan informasi-informasi penting kepada masyarakat juga dapat dilakoni setelah begelar Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.I.P). Mendirikan Lembaga Pers/Media, menjadi wartawan, penulis buku dan kegiatan jurnalisme lainnya adalah satu kelebihan tersendiri bukan hanya mengukur sejauhmana menerapkan ilmu yang diperoleh dalam sebagai jurnalis/wartawan media muapun penulis buku tetapi kelebihan lainnya yang bisa dirasakan adalah tambahan cuan/finansial dan kesejahteraan masa depan.