Sambut 102 Mahasiswa Baru Ilmu Pemerintahan: Ini Pesan & Harapan Ketua Prodi

Kehadiran Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) di acara penutupan MASTASI turut menitip pesan dan harapan kepada peserta. Amaly Coffee. Ahad, (12/9/2021).

Jusniaty, S. IP., M. Si menyampaikan bahwa kapasitas bukan menjadi penghalang, artinya mahasiswa Ilmu pemerintahan itu, harus menunjukkan kualitasnya, menuju ciri khasnya salah satunya ditempah dalam organisasi tentunya. Dalam hal pengembangan bakat dan minatnya akan didapatkan dengan berorganisasi seperti penyampaian dari lembaga kemahasiswaan.

Ia menekankan bahwa melalui momentum ini 102 mahasiswa baru ilmu pemerintahan dapat mengikuti proses kegiatan dilingkup organisasi. Apalagi Prodi Ilmu Pemerintahan ada HIMILP FISIP UMSi, seyogianya berperan aktif di dalamnya. Melalui kesempatan ini juga atas dasar Surat Edaran dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, Publikasi dan Alumni No: 1647/II.3.AU/A/2021 tertanggal 3 September 2021 yang mewajibkan Pengkaderan tingkat HMJ agar kiranya mahasiswa ilmu pemerintahan dapat memanfaatkan momentum itu dalam hal pengembangan diri.

Mahasiswa Program Doktor Administrasi Publik Universitas Hasanuddin ini, menjelaskan bahwa Program Studi Ilmu Pemerintahan dua tahun berturut-turut ikut berkompetisi dengan ribuan perguruan tinggi di Indonesia melalui sejumlah program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) Republik Indonesia. Pada Tahun 2020 lolos dalam program hibah Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan  di Tahun 2021 Ilmu Pemerintahan adalah Prodi pertama di lingkup UMSi yang lolos dan penerima hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM). Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Kami dilingkup Prodi Ilmu Pemerintahan.

Ia berharap agar mahasiswa baru dapat mengikuti satu atau dua program tersebut, karena menjadi salah satu aspek pengembangan diri melalui program-program di dalam Kurikulum MBKM.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa #IP Progresif dan Bekemajuan, bukan hanya sekedar simbol, hashtag dan slogan semata, namun karena sejumlah prestasi yang telah kita raih selama ini sehingga kami menyusun konsep tersebut dan memang menjadi orientasi pengembangan prodi kedepan. Oleh sebab itu, selamat bergabung di Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP UMSi, kuliah yang baik dan tentunya ditopang dengan organisasi.

*Ashar Abdillah*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *