H2 Mastasi, Wawasan Kebangsaan Sangat penting Bagi Mahasiswa

Dr. Hermansyah, S. Sos., M.I.Kom memberikan bekal materi tentang Wawasan Kebangsaan kepada ratusan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) yang mengikuti rangkaian penyelenggaraan penyambutan Mahasiswa Baru atau Masa Ta’ruf dan Orientasi Mahasiswa Baru (MASTASI) Tahun Akademik 2021-2022, Selasa, (7/9/2021).

Antusiasme peserta nampak, saat Wakil Dekan FISIP UMSi ini memaparakan materinya via zoom yang bertajuk wawasan kebangsaan dan bela negara dalam kehidupan berbangsa dan Bernegara. Ia menekankan bahwa bela negara sangat penting bagi mahasiswa dalam rangka menghadapi kompleksitas ancaman antara lain terorisme, radikalime, separatisme, kemiskinan dan konflik horizontal dan vertikal serta narkoba.

Dosen Senior Ilmu Pemerintahan ini, juga menjelaskan betapa pentingnya mahasiswa membentengi diri dan pribadinya. Menurutnya mahasiswa harus mampu menjadi sosok generasi yang tidak hanya cerdas dari aspek Ilmu Pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tetapi, memiliki kualitas mental, ideologi serta jiwa kepemimpinan yang solid dalam wawasan kebangsaan Indonesia guna mendorong peningkatan semangat yang tinggi dan berkarakter bangsa untuk kehidupan kelangsungan negara.

Seliain itu, Hermansyah yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sinjai menegaskan bahwa dalam hal bela negara maka semua kalangan, terutama bagi mahasiswa sebagai generasi emas bangsa wajib menanamkan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI bersarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang seutuhnya, cinta terhadap tanah air, sadar dalam semangat berbangsa dan bernegara, yakin akan pancasila sebagai ideologi negara dan rela berkorban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *