UMSi Gelar MASTASI, Ini Harapan Presiden Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) menyelenggarakan penyambutan Mahasiswa Baru atau Masa Ta’ruf dan Orientasi Mahasiswa Baru (MASTASI) Tahun Akademik 2021-2022, Senin, (6/9/2021).

Berdasarkan data dari Panitia Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) secara keseluruhan ada 610 mahasiswa baru yang dinyatakan lulus dari hasil seleksi SPMB dan mengikuti MASTASI. Dalam proses MASTASI yang akan belangsung selama tiga hari kedepan dibagi menjadi 21 kelompok dengan rincian untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Program Studi Administrasi Publik 8 kelompok dengan jumlah peserta 268 dan Ilmu Pemerintahan 2 Kelompok 102 Peserta.

Kemudian Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) Program Studi Agroteknologi 2 Kelompok 51 peserta, Agribisnis 2 Kelompok 53 peserta, Peternakan 2 kelompok 58 peserta dan Manajemen Sumberdaya Perairan 32 Peserta.

Sementara Fakultas Teknik dan Bisnis, masing-masing 1 kelompok, dengan program studi Rekayasa Perancangan Mekanik 17 peserta, Bisnis Digital 6 peserta dan Perencanaan Wilayah dan Kota dengan jumlah 23 peserta.

Faiz Fakhruddin selaku Presiden Mahasiswa (PRESMA) UMSi dalam sambutannya mengajak para mahasiswa baru untuk berorganisasi.

“selamat datang di kampus Universitas Muhammadiyah Sinjai. Begitu banyak siswa yang telah menyelesaikan studinya di tingkat SMA-sederajat, namun hanya adik-adik yang memiliki kesempatan untuk kuliah di UMSi. Ini titik star bagi adik-adik untuk berproses di level pendidikan tinggi terutama di UMSi. Menjadi mahasiswa berprestasi tidak cukup hanya aktif kuliah namun dukungan organisasi sangat diperhitungkan”.

Faiz yang juga merupakan mahasiswa program studi Ilmu Pemerintahan angkatan 2017 ini, menekankan bahwa aktivitas akademik dan organisasi adalah dua hal yang tidak boleh diabaikan oleh mahasiswa. Menurutnya banyak mahasiswa yang menganggap dirinya berprestasi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi, namun pengalaman organisasinya kurang bahkan nihil.

“Idealnya menjadi mahasiswa ada keseimbangan antara soft skill, hard skill dan life skill. Proses untuk menggapai itu adalah Adik-adik peserta mastasi, tentunya diberi kesempatan yang sangat terbuka untuk berproses, dan di UMSi punya banyak ruang bagi mahasiswa dalam mengasah kedalaman ilmu dan mengembangkan wawasannya. Sehingga proses-proses inilah yang akan memacu capaian prestasi baik pada bidang akademik maupun organisasi kemahasiswaan”.

Selain itu,  Dr. Umar Congge, S. Sos., M. Si, Rektor UMSi berharap melalui proses mastasi dapat menumbuhkan rasa cinta Mahasiswa terhadap UMSi.

“Membangun komunikasi yang baik dengan semua kalangan baik kepada Lembaga Kemahasiswaan maupun Civitas Akademika UMSi, mengembangkan skill dan intelektual”. harapnya.

Harapan serupa dikemukakan, Dr. Muh. Judrah, M.Pd , Ketua BPH UMSi. Ia menegaskan bahwa salah satu yang aspek yang membedakan antara siswa dan mahasiswa adalah pola pikirnya.

“selamat bergabung kepada seluruh  mahasiswa baru di UMSi. Mahasiswa itu sudah masuk dalam ranah mahasiswa intelektual yakni terpelajar.Oleh karena itu mahasiswa baru ini sudah saatnya meninggalkan cara berfikir anak SMA. Membuka pikiran baru mengukur maknanya yakni sebelum bertindak selalu bisa diukur dan segala bentuk ucapan bisa terkontrol”, ungkapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Rektor II dan III UMSi, Sekertaris UMSi, Tim PMB UMSi, Dekan FSAINTEK UMSi dan Dekan FISIP UMSi, Ketua Prodi dilingkup UMSi, beserta para pimpinan Lembaga Organisasi Kemahasiswaan lingkup UMSi serta seluruh calon mahasiswa baru.

Diketahui Mastasi ini bakal berlangsung selama 3 hari, 6-8 September 2021 via daring dan dilanjutkan dengan Sosialisasi Lembaga Kemahasiswaan 9-12 September 2021 yang akan dilaksanakan Luring dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat di Amaly Coffe, Jl. H. Perdana Kusumah, Lappa, Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *